Panduan Cara Penggunaan e-Meterai untuk Keperluan Administrasi

04 September 2023    Rani Pilo    Blog

Meterai merupakan tanda bukti pembayaran pajak dan salah satu elemen penting dalam menjaga keabsahan berbagai dokumen resmi. Penggunaan meterai sendiri telah mengalami perkembangan yang signifikan dalam era modern ini. Beralih dari bentuk fisik yang perlu dicetak dan ditempelkan secara manual, kini telah hadir e-Meterai yang memungkinkan penggunaan meterai dilakukan secara digital. e-Meterai menjadi solusi praktis dalam dunia administrasi, terutama di tengah perkembangan teknologi informasi yang pesat. Artikel ini akan membahas secara rinci cara menggunakan e-Meterai untuk berbagai keperluan administrasi. Melalui pemahaman yang baik tentang penggunaan e-Meterai, kita dapat menggunakannya dengan efektif.

e-Meterai Digunakan untuk Apa Saja?

e-Meterai adalah bentuk meterai digital yang digunakan sebagai pengganti meterai fisik dalam transaksi dan kegiatan administrasi dalam negeri. Dalam penggunaanya, e-Meterai dapat digunakan untuk berbagai keperluan administrasi, seperti pembuatan surat-surat resmi, perjanjian, kontrak, dan berbagai dokumen hukum lainnya. Keberadaan e-Meterai bertujuan untuk memberikan kemudahan dan efisiensi dalam proses administrasi, tidak hanya untuk pemerintah namun juga untuk masyarakat umum.

Melalui penggunaan e-Meterai, kita tidak perlu lagi mencetak atau membeli meterai kertas secara fisik, sehingga dapat menghemat biaya dan waktu. Selain itu, e-Meterai juga memiliki kelebihan lain, yaitu adanya fitur keamanan yang melindungi dari pemalsuan dan penyalahgunaan. e-Meterai sering digunakan oleh perusahaan, kantor pemerintahan, dan lembaga hukum untuk memastikan keabsahan dan keaslian dokumen-dokumen yang dikeluarkan.

Bagaimana Cara Penggunaan e-Meterai?

Berbeda dengan meterai fisik, pembelian hingga penggunaan e-Meterai hanya bisa dilakukan secara online. Berikut adalah panduan langkah demi langkah cara pembelian hingga penggunaan e-Meterai yang benar:

  1. Kunjungi laman distributor resmi e-Meterai mitracomm.e-meterai.co.id.
  2. Jika sudah memiliki akun, lakukan login pada tombol login dan masukkan email dan password yang sudah didaftar. Apabila belum ada, Anda bisa klik ‘Daftar’, pilih ‘Personal’, isi data diri, dan unggah dokumen yang diperlukan.
  3. Masukan kode OTP yang dikirimkan melalui e-Mail untuk proses validasi.
    Jika sudah tervalidasi, Anda bisa melakukan pembelian e-Meterai.
  4. Setelah login, akan tampak dua pilihan menu, ‘Pembelian dan Pembubuhan’.
  5. Jika belum memiliki e-Meterai maka klik ‘Pembelian’.
  6. Lanjutkan ke tahap pembubuhan, dengan memasukkan detail informasi dokumen seperti tanggal, nomor dokumen, dan tipe dokumen.
  7. Unggah dokumen berformat PDF.
    Posisikan e-Meterai sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    Klik ‘Bubuhkan e-Meterai‘.
  8. Lanjutkan klik ‘Yes‘.
  9. Lalu, masukkan PIN yang telah didaftarkan, proses pembubuhan selesai.
  10. Anda bisa langsung mengunduh file PDF dari dokumen yang sudah dicantumkan e-Meterai.

Kapan e-Meterai Bisa Digunakan?

Seiring dengan kemajuan teknologi, pemerintah telah memperkenalkan e-Meterai sebagai alternatif untuk meterai kertas. Namun, seberapa cepat e-Meterai dapat diadopsi dan digunakan secara luas? Berdasarkan UU No. 10 Tahun 2020, PMK 133/2021, dan PMK 134/2021, e-Meterai dapat digunakan dan berlaku pada tanggal 1 Oktober 2021. Sejak tanggal tersebut, e-Meterai menjadi alternatif yang sah untuk meterai fisik dalam segala jenis dokumen yang memerlukan penerapan meterai berdasarkan ketentuan peraturan perpajakan di Indonesia.

Apakah Dokumen yang Dibubuhkan e-Meterai Boleh Dicetak?

Munculnya konsep baru dalam penggunaan meterai menimbulkan pertanyaan apakah dokumen yang dibubuhkan e-Meterai boleh dicetak? e-Meterai adalah segel resmi yang digunakan untuk menandai keabsahan dokumen dan surat resmi dalam bentuk elektronik atau digital. e-Meterai harus diterbitkan oleh pihak yang berwenang, seperti kantor pos atau agen pemerintah yang ditunjuk, untuk memastikan keasliannya dan mematuhi peraturan yang berlaku. e-Meterai dapat dibubuhkan oleh pihak yang memerlukan dengan tanda tangan elektronik, bukan tanda tangan basah. Apabila dokumen elektronik yang memiliki e-Meterai dicetak, dokumen yang dicetak tersebut bersifat dokumen salinan karena dokumen aslinya ada pada dokumen elektronik. Oleh karena itu, dokumen yang dibubuhkan e-Meterai boleh dicetak, namun sifatnya menjadi dokumen salinan. 

Apakah Meterai Elektronik Perlu Tanda Tangan?

Pada beberapa kasus penggunaan meterai elektronik sering muncul pertanyaan, apakah meterai elektronik memerlukan tanda tangan untuk dianggap sah? Meterai elektronik biasanya tidak memerlukan tanda tangan fisik seperti meterai kertas pada dokumen fisik. Meterai elektronik lebih berfokus pada validitas dan otentikasi dokumen elektronik. Namun, terkadang, tanda tangan digital atau otentikasi lainnya mungkin digunakan bersamaan dengan meterai elektronik untuk memastikan keabsahan dokumen elektronik tersebut.

Tanda tangan digital adalah metode otentikasi elektronik yang sering digunakan untuk menunjukkan persetujuan atau otoritas atas dokumen elektronik. Ini dapat berupa tanda tangan elektronik yang sah dan diakui hukum dalam banyak yurisdiksi. Jadi, meskipun meterai elektronik itu sendiri mungkin tidak memerlukan tanda tangan, dokumen yang dilengkapi dengan meterai elektronik seringkali memerlukan tanda tangan digital atau otentikasi lainnya untuk menjaga integritas dan keabsahan mereka.

Dapatkan e-Meterai Resmi dari MitraComm untuk Pengalaman Penggunaan yang Aman dan Praktis

e-Meterai telah menjadi alternatif yang efisien dan ekonomis untuk menyegel dokumen-dokumen penting. Melalui penggunaan e-Meterai, Anda tidak perlu lagi repot dengan masalah meterai fisik atau harus memiliki persediaan meterai fisik di tempat kerja. Sebagai distributor resmi e-Meterai, MitraComm memastikan legalitas dan keabsahan dokumen-dokumen yang diberi meterai. Melalui unit bisnisnya yaitu MitraComm Ekasarana Channel Solution (MECS), MitraComm menyediakan layanan yang terintegrasi, mulai dari pendaftaran, pembelian, hingga penggunaan e-Meterai yang mudah dan cepat. Selain itu, dengan menggunakan e-Meterai resmi dari MitraComm, Anda juga dapat menghindari resiko pemalsuan meterai fisik yang seringkali terjadi. Jadi, pastikan Anda mendapatkan e-Meterai resmi dari MitraComm untuk menjamin keamanan dan kemudahan dalam penggunaan meterai resmi untuk keperluan administrasi Anda. 

Segera hubungi kami melalui email marketing@phintraco.com untuk informasi lebih lanjut.

 

Editor: Cardila Ladini