Contact Center: Pengertian, Jenis, dan Manfaat

16 January 2023    Wellium    Blog

Contact center merupakan bagian paling esensial dari strategi perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan pertumbuhan bisnis. Pelanggan sekarang mengharapkan perusahaan memberikan pelayanan optimal secara konsisten tidak hanya melalui telepon, tetapi juga di berbagai channel yang sering mereka akses. Dengan pendekatan omnichannel, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi layanan dan insight relevan terhadap perilaku pelanggan sebagai upaya menciptakan customer experience yang baik.

Pengertian

Contact center adalah departemen perusahaan yang bertugas mengelola semua interaksi pelanggan di berbagai channel. Departemen ini bertujuan untuk memberikan dukungan teknis dan layanan yang efisien dan efektif kepada pelanggan. Channel yang dikelola dapat berupa inbound call, outbound call, email, web chat, dan media sosial.

Apa Bedanya Dengan Call Center?

Meskipun sama-sama berfungsi sebagai pusat layanan pelanggan, call center hanya mengelola inbound ataupun outbound calls. Sementara itu, contact centers menyediakan dukungan pelanggan hingga pada cakupan omnichannel. Infrastruktur contact centers mampu meningkatkan efisiensi dan fleksibilitas dari tim agent yang dimiliki perusahaan.

Jenis Implementasi Contact Center

Hardware Contact Center

Perusahaan dapat memasang dan menghosting contact centers di server lokal. Namun perusahaan diharuskan memiliki ruang dan kapasitas untuk mengelola server serta proses pembaruan perangkat keras yang mumpuni.

Cloud-based Contact Centers

Contact centers dijalankan pada layanan cloud yang memfasilitasi semua komunikasi masuk maupun keluar. Agent dapat mengakses contact center berbasis cloud di lokasi manapun selama terdapat akses internet.

Virtual Contact Center

Contact centers ini memungkinkan agent bekerja dari jarak jauh. Virtual contact center menciptakan fleksibilitas dan kenyamanan bekerja bagi agent sekaligus menurunkan biaya yang harus dikeluarkan perusahaan.

Contact Center Outsourcing

Perusahaan mengalihkan manage people dan infrastruktur ke pihak eksternal untuk mengelola sistem contact centers. Sehingga perusahaan bisa fokus pada pengembangan dan peningkatan bisnis utama perusahaan. Outsourcing membantu perusahaan menghilangkan kompleksitas dalam meningkatkan kualitas pelayanan.

Manfaat Contact Center Untuk Perusahaan

Handling Time Lebih Singkat

Agent contact centers memiliki average handle time (AHT) yang lebih singkat. AHT adalah indikasi kinerja yang menunjukkan waktu rata-rata dibutuhkan seorang customer service menyelesaikan percakapan bersama pelanggan. Indikasi tersebut diawali dengan pelanggan yang memulai panggilan, waktu tunggu, hingga penyelesaian layanan.

Interaksi Lebih Baik

Contact centers mengumpulkan informasi dari setiap channel sehingga memberikan gambaran mengenai preferensi dan perilaku masing-masing pelanggan. Informasi yang telah terkumpul kemudian digunakan oleh agent untuk meningkatkan kualitas interaksi di masa mendatang.

Meringankan Beban Agent

Contact centers memanfaatkan teknologi interactive voice response (IVR) dalam mengotomatiskan interaksi pelanggan, pengumpulan informasi, dan mengalihkan panggilan kepada agent paling tepat. IVR dapat menangani pertanyaan dan masalah pelanggan tertentu tanpa harus melibatkan agent secara langsung.

MitraComm Ekasarana adalah anak perusahaan Phintraco Group yang bergerak di bidang contact centers yang telah diakui oleh asosiasi Contact Center World sebagai outsourcing partnership terbaik di Asia Pasifik dan juga dunia (World Ranking 2022). Penghargaan ini merupakan bukti nyata yang memperlihatkan kapasitas MitraComm dalam memenuhi kebutuhan people, business process, hardware, software, dan infrastruktur contact centers.

Hubungi kami melalui email marketing@phintraco.com untuk informasi lebih lanjut.