Value Added Services: Inovasi Penting dalam Pelayanan Modern

09 October 2023    Rani Pilo    Blog

Mempertahankan keunggulan perusahaan bukanlah hal yang mudah di era dimana persaingan bisnis semakin kompetitif seperti saat ini. Oleh karena itu, inovasi dalam pelayanan menjadi kunci utama untuk memenangkan hati pelanggan. Salah satu konsep inovatif yang semakin mendominasi dalam strategi perusahaan adalah value added services. Artikel ini akan membahas mengapa membangun value added services di perusahaan Anda adalah langkah yang krusial, serta manfaat yang dapat dihasilkan dari penerapan strategi ini. Melalui pemahaman yang lebih mendalam mengenai value added service, perusahaan dapat merencanakan langkah-langkah inovatif untuk tetap bersaing dan berkembang dalam lingkungan bisnis yang terus berubah.

Apa yang Dimaksud dengan Value Added Services?

Value added services (VAS) adalah layanan tambahan yang diberikan oleh sebuah perusahaan kepada pelanggannya di atas produk atau layanan utama yang mereka tawarkan. Layanan ini dirancang untuk memberikan manfaat ekstra kepada pelanggan, yang tidak hanya memenuhi kebutuhan dasar mereka, tetapi juga meningkatkan pengalaman pengguna. VAS dapat berupa berbagai macam hal, seperti dukungan pelanggan yang lebih baik, pelatihan, konsultasi, pemeliharaan, pembaruan berkala, atau berbagai fitur yang dapat membangun nilai tambah perusahaan. Tujuan utama dari penerapan VAS adalah untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, membangun loyalitas, dan menciptakan keunggulan kompetitif bagi perusahaan.

Mengapa Membangun Nilai Tambah Perusahaan Itu Penting?

Membangun nilai tambah bagi sebuah perusahaan adalah suatu hal yang sangat penting. Pasalnya, memiliki nilai tambah akan berdampak signifikan terhadap keberhasilan dan kelangsungan bisnis. Berikut adalah beberapa alasan mengapa membangun nilai tambah sangat penting bagi perusahaan:

Meningkatkan Daya Saing

Memiliki nilai tambah yang unik dan berbeda dari pesaing dapat menjadi keunggulan kompetitif bagi perusahaan. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk menarik lebih banyak pelanggan dan meningkatkan pangsa pasar.

Membangun Loyalitas Pelanggan

Pelanggan yang merasa puas dengan nilai tambah yang diberikan oleh perusahaan akan lebih loyal terhadap perusahaan. Hal ini akan membuat pelanggan lebih cenderung untuk membeli produk atau layanan perusahaan di masa depan.

Meningkatkan Penjualan dan Keuntungan

Nilai tambah yang diberikan kepada pelanggan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan mendorong mereka untuk membeli produk atau layanan perusahaan secara berulang. Hal ini akan meningkatkan penjualan dan keuntungan perusahaan.

Meningkatkan Citra Perusahaan

Perusahaan yang fokus memberikan nilai tambah seringkali memiliki reputasi yang lebih baik di mata pelanggan, investor, dan pemangku kepentingan lainnya.

Apa Saja Contoh Dari Value Added Services dalam Layanan Pelanggan?

Berikut adalah beberapa contoh VAS dalam layanan pelanggan yang dapat diberikan oleh perusahaan:

Layanan Pelanggan yang Responsif

Layanan pelanggan yang responsif adalah layanan yang memberikan tanggapan kepada pelanggan dengan cepat dan tepat. Ini menunjukkan bahwa perusahaan peduli terhadap pelanggan, dan dapat meningkatkan kepuasan mereka terhadap layanan pelanggan.

Layanan 24/7

Layanan pelanggan 24/7 adalah layanan yang tersedia untuk pelanggan selama 24 jam sehari, 7 hari (seminggu). Ini memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk menghubungi perusahaan kapanpun mereka membutuhkan bantuan.

Program Loyalitas Pelanggan

Program loyalitas pelanggan adalah program yang memberikan keuntungan atau manfaat khusus bagi pelanggan yang sering melakukan transaksi dengan perusahaan. Ini dapat berupa diskon, poin, atau hadiah. Program loyalitas pelanggan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan mendorong mereka untuk terus melakukan transaksi dengan perusahaan.

Layanan Edukasi

Layanan edukasi adalah layanan yang memberikan informasi dan pengetahuan kepada pelanggan tentang produk atau jasa yang mereka beli. Ini dapat membantu pelanggan untuk memahami produk atau jasa yang mereka beli dan menggunakannya secara maksimal.

Apa Manfaat Dari Penerapan Value Added Services?

 Berikut adalah beberapa manfaat utama dari penerapan value added services:

Peningkatan Profitabilitas

Salah satu manfaat utama dari penerapan VAS adalah peningkatan profitabilitas. Melalui penawaran layanan tambahan, perusahaan dapat meningkatkan margin keuntungan mereka.

Pemberdayaan Pelanggan

VAS dapat memberdayakan pelanggan dengan memberi mereka lebih banyak kontrol dan kemampuan untuk mengelola bisnis atau kehidupan mereka. Contohnya adalah aplikasi perbankan yang memberikan pelanggan akses mudah ke berbagai layanan keuangan.

Pengembangan Jangka Panjang

Fokus dalam menyediakan VAS yang positif memungkinkan perusahaan untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan mereka. Ini dapat menghasilkan arus pendapatan yang stabil dan berkelanjutan.

Reputasi yang Baik

Perusahaan yang menyediakan VAS berkualitas tinggi cenderung membangun reputasi yang baik di mata pelanggan. Ini dapat membantu perusahaan dalam mendapatkan kepercayaan pelanggan dan mengembangkan basis pelanggan yang setia.

Tingkatkan Value Pada Contact Center Perusahaan Anda dengan Bantuan MitraComm

Contact center merupakan salah satu bagian penting dari bisnis yang berperan sebagai penghubung antara perusahaan dengan pelanggan. Melalui contact center, pelanggan dapat menyampaikan pertanyaan, keluhan, atau permintaan bantuan kepada perusahaan. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk memiliki agen contact center yang berkualitas dan mampu memberikan layanan terbaik kepada pelanggan. MitraComm Business Process Outsourcing (MBPS), unit bisnis dari MitraComm Ekasarana, merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Business Process Outsourcing (BPO). MitraComm dapat membantu perusahaan Anda meningkatkan value pada contact center dengan pendekatan yang bersifat intangible, tidak terlihat tetapi dapat berdampak pada kepuasan pelanggan.

Melalui penerapan berbagai program pelatihan seperti, program pelatihan motivasi, program pelatihan soft skill, dan pengembangan skills melalui E-learning, agen contact center dapat menjadi lebih kompeten dan efektif dalam berinteraksi dengan pelanggan. Hal ini tidak hanya akan meningkatkan pelayanan pelanggan, tetapi juga akan membantu perusahaan membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan dan meningkatkan citra mereka di pasar. Prestasi luar biasa yang telah dicapai oleh MitraComm melalui penghargaan sebagai “Best Outsourcing Partnership” selama dua tahun berturut-turut adalah bukti nyata dari keunggulan dan dedikasi mereka dalam kemitraan outsourcing. Pencapaian ini menunjukkan bahwa MitraComm bukan sekadar perusahaan Business Process Outsourcing biasa, tetapi mitra yang berkomitmen untuk membantu perusahaan mitra mencapai tingkat keunggulan yang lebih tinggi.¬†

Jangan ragu untuk menghubungi tim kami melalui email di marketing@phintraco.com dan temukan bagaimana MitraComm dapat membantu perusahaan Anda mencapai tingkat keunggulan yang lebih tinggi dalam pelayanan pelanggan.

Editor: Cardila Ladini