Alasan Kenapa Daftar SSCASN Wajib Pakai e-Meterai

21 October 2022    admin    Blog

Daftar SSCASN tahun 2022 mengharuskan penggunaan e-Meterai pada beberapa berkas administrasi. Hal ini merupakan hasil kolaborasi BKN (Badan Kepegawaian Negara) bersama dengan Peruri dalam menyediakan sistem pendaftaran yang menggunakan meterai elektronik. Sebagai informasi, MitraComm Ekasarana merupakan salah satu distributor resmi e-Meterai. Berikut berbagai alasan kenapa implementasi e-Meterai tersebut diwajibkan pada proses daftar SSCASN.

Mengapa Daftar SSCASN 2022 Perlu Pakai e-Meterai?

Aturan Penggunaan Meterai Pada Seleksi CASN

Ketentuan penggunaan meterai selama seleksi CASN tertuang pada Surat Edaran Kepala BKN No. 9 Tahun 2022, yaitu meliputi:

  • Wajib menggunakan meterai tempel yang masih baru
  • Tidak menggunakan meterai yang menyalahi ketentuan seperti meterai hasil unduhan dan sejenisnya

Meneruskan dari surat edaran tersebut, platform SSCASN mengintegrasikan sistem Peruri dalam proses pembubuhan meterai. Pembubuhan e-Meterai dilakukan pada halaman SSCASN ataupun dari website distributor resmi.

Dokumen SSCASN yang Memerlukan e-Meterai

Pada dasarnya, e-Meterai adalah meterai berbentuk elektronik. Sehingga dokumen SSCASN yang menggunakan e-Meterai meliputi dokumen apapun yang membutuhkan meterai pada umumnya seperti Surat Pernyataan dan Surat Lamaran.

Alasan Daftar SSCASN Diwajibkan Menggunakan e-Meterai

Mengurangi Potensi Kecurangan

Tahun lalu, sejumlah peserta CASN kedapatan melakukan kecurangan dalam proses seleksi. Salah satu kecurangan tersebut adalah menggunakan meterai palsu pada dokumen administrasi ketika mendaftar. Sebagai upaya mengurangi risiko kecurangan, SSCASN 2022 menyediakan sistem yang mendukung penggunaan e-Meterai. Proses validasi keaslian e-Meterai jauh lebih mudah dilakukan ketimbang meterai tempel. Pasalnya, e-Meterai memiliki QR Code yang apabila di-scan akan memunculkan informasi mengenai:

  • Serial number
  • Tanggal dan waktu pembubuhan meterai
  • Email yang terdaftar pada portal meterai elektronik

Penyederhanaan Birokrasi

Arah kebijakan seleksi CASN pada tahun 2022 bertujuan dalam menyederhanakan birokrasi. Kebijakan ini dilakukan mengingat pandemi sudah mengubah pola kerja birokrasi dengan memanfaatkan teknologi informasi yang digunakan secara masif. Salah satu hasil dari pemanfaatan teknologi informasi itu adalah e-Meterai yang menyederhanakan pembubuhan meterai pada sistem elektronik secara nyaman dan aman.

Mempermudah Administrasi Peserta CASN

Penggunaan e-Meterai dinilai akan lebih menguntungkan dan memudahkan kelengkapan dokumen administrasi peserta seleksi CASN.Sebelumnya, peserta CASN perlu mencari meterai kemana-mana dan harus menempelkannya pada berkas yang dibutuhkan. Sekarang, peserta CASN dapat melakukan proses pembelian dan pembubuhan meterai dari mana saja dengan sistem meterai elektronik.

BKN selaku penyelenggara SSCASN, bekerja sama dengan MitraComm Ekasarana untuk mendistribusikan e-Meterai di kalangan masyarakat. Kerja sama bersama dengan BKN adalah wujud komitmen kami dalam mendukung transformasi digital di Indonesia.

Kunjungi halaman https://mitracomm.e-meterai.co.id/ untuk membeli dan membubuhkan dokumen persyaratan seleksi dengan meterai elektronik. Hubungi kami juga melalui email marketing@phintraco.com jika ada pertanyaan terkait e-Meterai.

Info lebih lengkap mengenai penggunaan e-Meterai untuk SSCASN dapat diakses melalui https://www.mitracomm.com/e-meterai-sscasn/