Ketentuan Pembubuhan e-Meterai untuk PPPK 2022

19 October 2022    admin    Blog

Pembubuhan e-Meterai telah diberlakukan pada seluruh dokumen seleksi PPPK tahun 2022. Pemanfaatan e-Meterai pada dokumen PPPK bertujuan dalam mempermudah proses administrasi yang diwajibkan selama seleksi serta memastikan keaslian dari meterai. Berikut ketentuan pembubuhan e-Meterai untuk seleksi PPPK 2022.

Aturan Dalam Pembubuhan e-Meterai untuk PPPK 2022

Implementasi e-Meterai Pada Dokumen PPPK

Aturan penggunaan meterai tertuang pada Surat Edaran Kepala BKN No. 9 Tahun 2022. Adapun ketentuan penggunaannya meliputi:

  • Wajib menggunakan meterai tempel yang belum pernah digunakan sebelumnya
  • Tidak memakai meterai dengan bentuk dan ciri yang tidak sesuai dengan ketentuan UU seperti meterai hasil unduhan dari Internet dan sejenisnya

Menindak lanjuti dari Surat Edaran tersebut, platform SSCASN mengimplementasi e-Meterai yang diintegrasikan dengan sistem Peruri dalam proses pembubuhan. Pembubuhan e-Meterai dapat dilakukan pada laman SSCASN atau melalui website distributor resmi.

Dokumen PPPK yang Memerlukan Meterai Elektronik

Esensinya, e-Meterai memiliki fungsi yang sama dengan meterai tempel. Sehingga dokumen yang menggunakan e-Meterai adalah dokumen yang membutuhkan penggunaan meterai pada umumnya seperti Surat Lamaran dan Surat Pernyataan.

Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Pembubuhan Dokumen PPPK dengan e-Meterai.

Menggunakan Format PDF

Dokumen yang telah dibubuhkan dengan e-Meterai hanya dapat berupa format PDF. Tahun lalu, sejumlah peserta PPPK terpaksa digugurkan dikarenakan menggunakan meterai palsu. Kehadiran e-Meterai selama proses seleksi PPPK bertujuan untuk mengurangi pemalsuan tersebut. Namun belakangan ini banyak juga beredar e-Meterai palsu atau yang sudah pernah digunakan sebelumnya. Modus pemalsuan e-Meterai yang sering dilakukan oleh oknum penjual adalah meminta dokumen berformat microsoft word (doc atau docx) untuk dibubuhkan dengan meterai. Maka dari itu, penting bagi peserta PPPK membubuhkan dokumen berdasarkan format yang telah ditetapkan. Peserta PPPK tidak perlu repot-repot memastikan keaslian e-meterai apabila membeli langsung dari distributor resmi yang ditunjuk oleh Peruri.

Tanda Tangan Dokumen PPPK

Penggunaan meterai elektronik pada dokumen PPPK harus dilakukan bersama tanda tangan basah. Pertama-tama, peserta PPPK menandatangani dokumen berbentuk fisik dengan tanda tangan basah. Dokumen tersebut kemudian di-scan ke dalam format PDF untuk dibubuhkan e-Meterai.

Penempatan Posisi e-Meterai

Peserta PPPK yang melakukan pembubuhan dokumen dengan e-Meterai dianjurkan menempatkan posisi meterai dan tangan secara berdampingan. Sebelumnya, tanda tangan harus menyentuh bagian atas meterai fisik. Akan tetapi dikarenakan e-Meterai berbentuk QR Code, penumpukan justru berpotensi mengganggu proses pengecekan keabsahan meterai.

MitraComm Ekasarana adalah salah satu distributor resmi e-Meterai yang bekerja sama dengan BKN selaku penyelenggara SSCASN. Kerja sama ini merupakan wujud komitmen Mitracomm Ekasarana dalam mendukung transformasi digital di Indonesia terutama dari segi transaksi dan administrasi yang dilakukan masyarakat. Peserta PPPK dapat mengunjungi https://mitracomm.e-meterai.co.id/ untuk melakukan registrasi, pembelian, dan pembubuhan dokumen persyaratan seleksi dengan e-Meterai. Hubungi kami melalui email marketing@phintraco.com apabila terdapat pertanyaan lebih lanjut terkait meterai elektronik.