Penggunaan e-Meterai pada Dokumen Pendaftaran CPNS di SSCASN

07 November 2022    admin    Blog

Badan Kepegawaian Negara (BKN) resmi mengumumkan informasi terkait dibukanya portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) 2022. SSCASN merupakan situs resmi pendaftaran CPNS secara nasional sebagai pintu pendaftaran pertama seleksi CPNS ke seluruh instansi baik Pusat maupun Daerah. Sebelum melakukan pendaftaran, para pelamar perlu menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan. BKN sendiri memberlakukan penggunaan e-Meterai atau meterai digital pada dokumen digital yang menggunakan meterai seperti surat lamaran, surat pernyataan, dan dokumen lainnya. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penggunaan e-Meterai pada dokumen pendaftaran CPNS di SSCASN, simak pada artikel berikut ini.

Permudah Kelengkapan Dokumen Pendaftaran CPNS di SSCASN dengan e-Meterai

Pada sistem seleksi penerimaan CPNS 2022 ini, BKN memberlakukan penggunaan e-Meterai pada dokumen yang memerlukan penggunaan meterai. Penggunaan e-Meterai memungkinkan pelamar secara langsung dapat membubuhkan meterai pada dokumen elektronik untuk pendaftaran CPNS di SSCASN. Penggunaan e-Meterai pada dokumen elektronik apa pun dinilai dapat memudahkan pelamar. Memungkinkan pelamar untuk melakukan pembubuhan pada semua jenis dokumen. Selain itu, e-Meterai dapat dibeli secara langsung melalui distributor resmi e-Meterai.

MitraComm Ekasarana, Distributor Resmi e-Meterai

Melalui unit bisnis MitraComm Ekasarana yaitu MitraComm Ekasarana Channel Solution, proses pembelian e-Meterai sangat sederhana. Berikut ini adalah tahapan pembelian hingga pembubuhan e-Meterai pada platform e-Meterai MitraComm Ekasarana:

  • Sebelum melakukan pembelian dan pembubuhan e-Meterai, pelamar terlebih dahulu diarahkan untuk melakukan pendaftaran melalui laman https://mitracomm.e-meterai.co.id/
  • Tersedia 3 kategori pengguna yang harus dipilih, pelamar hanya perlu memilih personal untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.
  • Setelah itu, pelamar dapat melengkapi form data dan informasi yang dibutuhkan, lalu klik tombol “daftar”.
  • Jika sudah memiliki akun, pilih tombol login dan masukan email serta password yang telah didaftarkan.
  • Setelah berhasil login, selanjutnya klik “Pembelian” jika sebelumnya belum melakukan pembelian.
  • Lanjutkan ke tahap “Pembubuhan”, pelamar perlu memasukkan detail informasi seperti tanggal, nomor, dan tipe dokumen yang akan dibubuhi e-Meterai.
  • Selanjutnya, unggah dokumen berformat PDF, posisikan meterai berdasarkan ketentuan yang berlaku, lalu klik “Bubuhkan Meterai” dilanjutkan dengan klik “Yes”.
  • File PDF dari dokumen yang sudah dibubuhi e-Meterai dapat langsung diunduh.

Dokumen tersebut sudah siap untuk Anda gunakan untuk kelengkapan dokumen pendaftaran CPNS di SSCASN. Walaupun menggunakan sistem digital pada proses pembubuhan, MitraComm Ekasarana sebagai anak perusahaan Phintraco Group tentu menjamin keamanan proses pembubuhan e-Meterai tersebut.

 

Untuk informasi lebih lanjut tentang penggunaan e-Meterai, hubungi kami melalui marketing@phintraco.com.

 

Selengkapnya tentang e-Meterai: e-Meterai Authorized Distributor

 

Beli e-Meterai di https://mitracomm.e-meterai.co.id/

 

Baca juga: Sekilas tentang e-Meterai yang Baru Diluncurkan Pemerintah Indonesia