Penuhi Ekspektasi Pelanggan untuk Tingkatkan Penjualan Bisnis

09 September 2022    admin    Blog

Kesuksesan sebuah bisnis bergantung pada seberapa puas pelanggan terhadap produk atau layanan yang dimiliki bisnis tersebut. Sebagian pemilik bisnis berpikir bahwa ekspektasi pelanggan mereka sudah sejalan dengan apa pun yang mereka tawarkan. Namun, tidak untuk sebagian pemilik bisnis yang memecah mentalitas silo bisnis mereka dengan terus membangun hubungan dengan pelanggan. Untuk itu, sebagai pemilik bisnis Anda harus meluangkan waktu untuk memahami apa yang benar-benar dibutuhkan oleh pelanggan Anda. Selanjutnya, Anda perlu menyesuaikan kebutuhan mereka dengan produk, layanan, dan tim customer support Anda.

Penuhi Ekspektasi Pelanggan (Customer Expectations)

Ekspektasi pelanggan bukan merupakan prediksi dari apa yang akan disediakan oleh penyedia barang dan jasa, namun ekspektasi akan timbul saat pelanggan memerlukan suatu barang dan jasa. Singkatnya, ekspektasi pelanggan adalah apa yang dipikirkan oleh pelanggan yang harus disediakan oleh penyedia barang dan jasa. Untuk memenuhi customer expectations, bisnis perlu memastikan bahwa setiap harapan pelanggan tentang produk atau layanan dapat terpenuhi. Bisnis perlu meyakini bahwa tujuan akhir mendirikan bisnis adalah untuk memenuhi ekspektasi pelanggan. Oleh karena itu, sebuah brand atau bisnis perlu membuat pelanggannya senang dan puas dengan produk secara terus menerus. Ini akan membantu mendapatkan brand awareness, menarik pelanggan baru, menjaga loyalitas pelanggan dan secara signifikan meningkatkan penjualan.

Bagaimana Digital Engagement Membantu dalam Memenuhi Ekspektasi Pelanggan Anda

Ekspektasi pelanggan telah meningkat dari waktu ke waktu, sedangkan bisnis meresponnya dengan sedikit lambat. Apa yang terjadi jika bisnis terlambat memenuhi berbagai harapan baru dari para pelanggan? Pelanggan tentunya akan meninggalkan mereka dan beralih pada kompetitor. Sejak dulu customer expectations memang terus berkembang namun tidak pernah secepat sekarang ini. Sebagian bisnis berhasil merespon ekspektasi ini dengan dukungan teknologi. Bukan hanya untuk menciptakan produk yang inovatif, tetapi juga sebagai sarana memenuhi customer expectations itu sendiri. Di sinilah digital engagement berperan dapat membantu Anda. Digital engagement mencakup strategi digital marketing untuk setiap saluran digital yang Anda gunakan untuk menjangkau pelanggan. Untuk memahami lebih lanjut, berikut ini penjelasan mengenai bagaimana digital engagement membantu dalam memenuhi ekspektasi pelanggan Anda.

  1. Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Memastikan bahwa pengalaman pelanggan prospektif dengan bisnis Anda merupakan hal yang wajib. Digital engagement yang lebih baik tentunya akan memberikan pengalaman pelanggan yang lancar. Anda juga dapat melihat history transaksi pelanggan Anda dan menjual produk baru berdasarkan pembelian sebelumnya. Digital enggement bertujuan untuk meningkatkan kepuasan dengan menyelaraskan dengan ekspektasi pelanggan.

  1. Mengubah Data Menjadi Wawasan yang dapat Ditindaklanjuti

Umumnya, orang biasanya ingin melihat apa yang mereka harapkan untuk dilihat, dan apa yang mereka harapkan untuk dilihat biasanya berdasarkan pada kebiasaan dan pengalaman masa lalu. Digital engagement dengan sistem yang baik dapat menghasilkan banyak data pelanggan yang dapat di analisis. Sehingga dapat membantu karyawan bisnis Anda untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Mempelajari dan menganalisis perilaku pelanggan dapat memberikan semua informasi yang diperlukan untuk memastikan keputusan yang tepat dalam menangani pelanggan.

  1. Komunikasi yang Terpersonalisasi dengan Pelanggan

Pelanggan dapat melihat berbagai brand dan penawaran setiap harinya. Mereka tentunya akan mencari brand yang paling mencolok di pikiran mereka. Salah satu cara untuk menarik pelanggan Anda adalah dengan komunikasi yang terpersonalisasi serta relevan. Ketika Anda menjangkau pelanggan prospektif secara pribadi, seperti menyapa dengan nama mereka atau memberikan reward yang disesuaikan dengan preferensi mereka, mereka akan memiliki sense of belonging yang lebih tinggi terhadap brand atau bisnis Anda. Selain itu, Anda juga harus relevan dengan menjangkau mereka di tempat, waktu, dan saluran yang tepat. Tentu saja ini semua tidak bisa dicapai tanpa data yang akurat. Menerapkan digital engagement bisa memberikan informasi mendetail mengenai pelanggan, agar Anda bisa memenuhi ekspektasi mereka dengan lebih baik.

Dalam situasi yang dinamis ini, pelanggan terus memiliki ekspektasi yang lebih tinggi terhadap brand. Dengan mengetahui apa yang diinginkan pelanggan, bisnis dapat lebih siap menghadapi ekspektasi pelanggan yang terus meningkat. Dari penjelasan di atas dapat di simpulkan bahwa, digital engagement sangat penting untuk keberhasilan memenuhi ekspektasi pelanggan. Untuk mendukung bisnis menerapkan digital engagement, anak perusahaan Phintraco Group yaitu MitraComm Ekasarana melalui unit bisnisnya yaitu MitraComm Business Process Services atau MBPS siap membantu Anda. Dengan solusi digital engagement ini, nantinya bisnis akan mampu mengetahui persepsi atas produk atau layanan yang dimiliki. Sehingga bisnis dapat mengetahui apa saja ekspektasi pelanggan terhadap produk atau layanan sejenis. Selain itu, Anda dapat mengetahui bagaimana persepsi pelanggan terhadap kompetitor bisnis Anda dan mengukur efektivitas strategi kompetitor.

 

Hubungi kami untuk penjelasan lebih lanjut terkait digital engagement melalui email marketing@phintraco.com.

 

Baca juga: Strategi Meningkatkan Kualitas Layanan Pelanggan

 

Related article: Why Having Your Own E-commerce Website Is Important