Telemarketing: Maksimalkan Potensi Bisnis Via Telepon

06 March 2023    Rani Pilo    Blog

Saat ini, hampir semua perusahaan telah memanfaatkan digital marketing untuk melakukan pemasaran produk dan jasa. Namun, tidak sedikit perusahaan yang masih menggunakan telemarketing sebagai strategi pemasaran produk atau jasa karena dianggap lebih ampuh untuk menggaet pelanggan. Lantas apa itu telemarketing? Simak penjelasan lengkapnya seputar telemarketing pada artikel berikut ini.

Apa Itu Telemarketing?

Telemarketing berasal dari gabungan kata antara telepon dan marketing. Dari hal tersebut kita sudah bisa mengetahui, telemarketing artinya strategi pemasaran dengan cara menawarkan produk atau jasa kepada calon pelanggan melalui sambungan telepon.  Telemarketing adalah salah satu layanan outbound contact center yang dilakukan oleh agent call center kepada pelanggan untuk mencapai tujuan bisnis tertentu. Tujuan bisnis itu diantaranya yaitu seperti untuk keperluan riset pasar, memberikan layanan pelanggan dengan pendekatan proaktif, penjualan, penagihan, dan tujuan bisnis lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Tugas dan Tanggung Jawab Telemarketer

Dalam menjalankan strategi telemarketing, terdapat peran seorang telemarketer di dalamnya. Berikut adalah beberapa hal yang menjadi jobdesk dan tanggung jawab seorang telemarketer.

Berkomunikasi dengan Pelanggan

Tugas utama dari seorang telemarketer yaitu melakukan komunikasi dengan pelanggan. Komunikasi di sini dalam artian mencakup segala hal, mulai dari menjawab pertanyaan dari pelanggan, mengatasi kekhawatiran pelanggan terhadap produk atau jasa, menerima pesanan, serta memberikan saran kepada pelanggan.

Melakukan Follow-up

Follow-up merupakan jobdesk yang harus dilakukan seorang telemarketer dalam menjalankan telemarketing perusahaan. Follow-up dalam artian menanyakan kembali kepada calon pelanggan terkait keinginannya untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Sebab, tidak semua calon pelanggan akan langsung memutuskan membeli atau melakukan pembelian kembali  karena adanya berbagai faktor.

Menerima Feedback

Setiap pelanggan tentu memiliki kritik maupun saran yang ingin disampaikan terkait produk atau jasa yang digunakan. Nah, disinilah telemarketer bertugas untuk menerima saran maupun kritik dengan baik. Setelah itu, telemarketer juga bertanggung jawab menampung semua feedback dari pelanggan tersebut dan diserahkan kepada atasan sebagai bahan pengembangan produk atau jasa.

Jenis-Jenis Telemarketing

Berdasarkan karakteristik aktivitas yang dilakukan, terdapat dua jenis telemarketing, yakni diantaranya sebagai berikut:

Outbound Telemarketing

Outbound telemarketing merupakan kegiatan pemasaran yang dilakukan untuk tujuan menjual sebuah produk atau jasa. Layanan ini dilakukan dengan cara melakukan panggilan ke calon pelanggan yang bertujuan untuk membuka account baru atau juga melakukan pemesanan ulang.

Inbound Telemarketing

Inbound telemarketing merupakan kegiatan pemasaran yang bertujuan untuk menerima pesanan dan menerima informasi dari pelanggan. Layanan ini disediakan kepada para pelanggan potensial sebagai sarana mendapatkan informasi terkait produk dan jasa, melakukan pengaduan atau keluhan atas produk atau jasa yang ditawarkan, dan meminta informasi tentang outlet terdekat.

Keuntungan Penerapan Telemarketing Bagi Perusahaan

Meski memiliki image mengganggu waktu calon pelanggan, namun banyak perusahaan yang mendapatkan keuntungan dari menerapkan telemarketing dalam startegi pemasaran mereka. Berikut ini beberapa kentungan yang bisa Anda rasakan saat menerapkan telemarketing pada bisnis perusahaan.

Meningkatkan Brand Awareness

Tak hanya menawarkan produk dan jasa, telemarketing akan menjelaskan keunggulan dan keuntungan produk atau jasa yang ditawarkan. Hal ini memungkinkan terjadi perbincangan dari mulut ke mulut, yang dimana ini termasuk dalam tujuan dari strategi telemarketing.

Meningkatkan Penjualan

Ada banyak tipe calon pelanggan, salah satunya yaitu pelanggan yang lebih memilih mendengarkan daripada membaca. Untuk menghadapi tipe pelanggan seperti ini, perusahaan bisa mengatasi dengan menggunakan strategi telemarketing. Produsen dapat menjelaskan apa yang ditawarkan secara terinci untuk menarik perhatian calon pelanggan.

Membantu Riset Pasar

Menerapkan telemarketing akan membantu Anda mengetahui masalah yang calon pelanggan hadapi. Dengan mengetahui permasalahan, bisnis dapat merancang strategi bagaimana cara mengkomunikasikan ke calon pelanggan. Tak hanya itu, melalui pemanfaatan telemarketing, bisnis dapat mengidentifikasi target market yang tepat.

Kunci Sukses Mengoptimalkan Telemarketing Bagi Perusahaan

Untuk mengoptimalkan telemarketing bagi perusahaan Anda, terdapat beberapa tips yang perlu seorang telemarketer terapkan. Apa sajakah itu? Berikut diantaranya:

Melakukan Riset Sebelum Menelepon

Salah satu riset yang perlu dilakukan telemarketer yaitu mencari tahu siapa yang akan di telepon.  Dengan begitu, telemarketer  dapat menyesuaikan kata-kata pembuka yang akan dipakai kepada calon pelanggan. Selain itu, melakukan riset terlebih dahulu memungkinkan telemarketer memberi penawaran yang sesuai kebutuhan calon pelanggan.

Mengetahui Produk dengan Baik

Sebelum meyakinkan calon pelanggan, telemarketer harus mengetahui secara mendalam hal seperti setiap manfaat dari produk atau jasa yang akan ditawarkan. Dengan memiliki pengetahuan yang baik tentang produk atau jasa, telemarketer akan mampu meyakinkan calon pelanggan tentang keunggulan dan manfaat produk atau jasa pada calon pelanggan.

Mempersiapkan Kemungkinan Pertanyaan

Kunci kesuksesan dalam menerapkan telemarketing adalah telemarketer harus siap atas segala kemungkinan pertanyaan dari calon pelanggan. Oleh sebab itu, sebelum menelepon telemarketer sebaiknya selalu kritis terhadap pertanyaan yang mungkin ditanyakan oleh calon pelanggan. Dengan begitu, bisnis terkait akan mendapatkan feedback yang baik dari pelanggan.

Bangun Komunikasi Dua Arah

Sebagai telemarketer yang perlu diingat bahwa menelepon calon pelanggan bukan berarti harus jualan dan jualan. Ada tujuan lain yang perlu dicapai seperti menjalin relasi pada calon pelanggan. Sebagai informasi, menurut penelitian yang dilakukan oleh Destination CRM, setidaknya diperlukan 5 orang yang harus dihubungi untuk mendapatkan sebuah prospect deal. Maka dari itu, penting untuk membangun komunikasi dua arah agar relasi dengan calon pelanggan berkembang dengan baik. Peluang untuk dapat berlanjut ke pembelian akan tercapai.

Bersikap Ramah dan Timbulkan Rasa Empati

Kegiatan telemarketing dilakukan melalui panggilan telepon bersama calon pelanggan yang tidak terlihat ekspresinya. Maka dari itu, sebaiknya telemarketer menggunakan intonasi suara yang ramah dan tidak kaku. Untuk menyiasati hal tersebut, daftar pertanyaan yang akan diajukan kepada calon pelanggan bisa disiasati dengan pemakaian bahasa yang sedikit luwes.

Perusahaan Perlu Memilih Partner yang Tepat

Kunci sukses mengoptimalkan telemarketing bagi perusahaan merupakan yang paling penting. Perusahaan perlu memilih partner penyedia layanan outbound contact center yang tepat agar dilakukan secara tepat dan sesuai sasaran, sehingga terhindar dari kesalahan pemasaran yang menghabiskan banyak waktu dan biaya.

Mitracomm Menyediakan Layanan Outbound Contact Center Sesuai Kebutuhan Bisnis Anda

Strategi pemasaran perusahaan menggunakan telemarketing masihlah sangat potensial jika dilakukan secara tepat. Menerapkan layanan telemarketing yang merupakan layanan outbound contact center dalam aktivitas bisnis merupakan suatu pendekatan yang tepat. Strategi ini juga dapat membangun reputasi positif perusahaan dan secara langsung mendukung perkembangan bisnis secara signifikan. Aktivitas outbound call center sangat krusial bagi keberlangsungan bisnis, maka dari itu perusahaan perlu memiliki strategi terbaik untuk outbound contact center. Perusahaan Anda dapat memanfaatkan layanan dari perusahaan BPO (Business Process Outsourcing) untuk menangani outbound contact center.

Bekerja sama dengan perusahaan BPO yang tepat akan membantu perusahaan memiliki manajemen outbound contact center didukung oleh tenaga ahli dan teknologi sesuai kebutuhan bisnis Anda. Jika Anda sedang mencari perusahaan penyedia layanan Outbound Contact Center, Anda dapat mempertimbangkan untuk bekerja sama bersama MitraComm Ekasarana yang bergerak dibidang services. Melalui unit bisnisnya yaitu MitraCoom Eksarana Business Process, MBPS unggul dalam pelayanan outbound contact center. Dengan mempercayakan kepada MitraComm, perusahaan Anda akan dapat mempromosikan perusahaan Anda, mengontrol kualitas layanan after sales, memberikan kepuasan kepada pelanggan, dan bahkan menciptakan pelanggan baru sehingga akan penjualan bisnis perusahaan.

Hubungi kami melalui email marketing@phintraco.com untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan Outbound Contact Center.