9 Tren Contact Center yang Akan Mengubah Dunia Bisnis di Tahun 2024

18 December 2023    Wellium    Blog

Perkembangan contact center menjadi salah satu elemen kunci yang mendominasi landscape layanan pelanggan. Variasi tren inovatif yang terus muncul dalam dunia contact center diprediksi akan memiliki dampak besar pada dunia bisnis pada tahun 2024. Perubahan ini tidak hanya mencakup aspek teknologi, tetapi juga mengubah paradigma dalam pendekatan terhadap pelanggan. Artikel ini akan mengulas sembilan tren contact center yang diprediksi akan mengubah cara perusahaan berinteraksi dengan pelanggan dan mengoptimalkan operasional bisnis mereka. Mari kita telusuri lebih dalam berbagai tren yang akan mengubah dunia bisnis pada tahun 2024.

Omnichannel Experience

Pelanggan saat ini mengharapkan pengalaman yang konsisten di berbagai saluran, mulai dari panggilan telepon, email, chat, media sosial, hingga obrolan langsung. Oleh karena itu, pada tahun 2024 contact center diprediksi akan berfokus pada penyediaan pengalaman omnichannel yang mulus.

Peningkatan AI dan Otomatisasi

AI dan otomatisasi telah menjadi tren utama di contact center selama beberapa tahun terakhir, dan tren ini akan terus berlanjut dan mengalami peningkatan di tahun 2024. AI dapat digunakan untuk mengotomatiskan tugas-tugas rutin, seperti menjawab pertanyaan umum dan memberikan dukungan tingkat pertama. Hal ini dapat membantu menghemat waktu dan biaya, serta meningkatkan efisiensi contact center.

Fokus Pada Employee Experience

Employee experience (EX) juga akan menjadi tren penting di contact center di tahun 2024. Bisnis yang dapat menciptakan EX yang positif akan memiliki agen yang lebih bahagia dan lebih produktif. Hal ini akan berkontribusi pada peningkatan kepuasan pelanggan dan loyalitas.

Keamanan dan Privasi Data

Keamanan dan privasi data akan menjadi semakin penting di tahun 2024. Bisnis harus mengambil langkah-langkah untuk melindungi data pelanggan dari pencurian, penyalahgunaan, atau kehilangan. Hal ini dapat dilakukan dengan menerapkan praktik keamanan data yang kuat, seperti enkripsi, otentikasi dua faktor, dan pelatihan karyawan tentang keamanan data.

Pengalaman Pelanggan yang Dipersonalisasi

Pelanggan semakin mengharapkan pengalaman yang dipersonalisasi. Bisnis dapat menggunakan data pelanggan untuk memberikan pengalaman yang lebih relevan dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing pelanggan. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan analitik dan pemodelan data untuk memahami perilaku dan preferensi pelanggan.

Analitik dan Pelaporan

Analitik dan pelaporan akan menjadi semakin penting bagi contact center untuk memahami kinerja dan meningkatkan layanan. Bisnis dapat menggunakan data analitik untuk mengidentifikasi tren, menganalisis kinerja agen, dan mengukur kepuasan pelanggan.

Media Sosial Sebagai Saluran Layanan Pelanggan

Media sosial akan menjadi semakin penting sebagai saluran layanan pelanggan di tahun 2024. Bisnis harus memiliki strategi layanan pelanggan media sosial yang kuat untuk melayani pelanggan yang menghubungi mereka melalui media sosial.

Penekanan Pada Self-service

Self-service akan menjadi semakin populer sebagai cara bagi pelanggan untuk menyelesaikan masalah mereka sendiri. Bisnis dapat meningkatkan self-service dengan menyediakan portal web, chatbot, atau aplikasi seluler yang dapat membantu pelanggan menemukan informasi dan menyelesaikan masalah mereka sendiri.

Customer Journey Mapping

Customer journey mapping akan menjadi semakin penting untuk memahami pengalaman pelanggan secara keseluruhan. Bisnis dapat menggunakan customer journey mapping untuk mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan untuk memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Maksimalkan Kualitas Layanan Pelanggan dan Tingkatkan Efisiensi Bisnis Anda bersama MitraComm

Tren-tren yang telah disebutkan menegaskan bahwa contact center akan menjadi semakin kompleks dan canggih di tahun 2024. Keberhasilan bisnis akan sangat tergantung pada kemampuannya untuk beradaptasi dengan perubahan ini. Bisnis yang berhasil mengantisipasi dan beradaptasi dengan perubahan ini akan memegang kendali dalam persaingan pasar. Inilah mengapa MitraComm Business Process Outsourcing (MBPS), sebagai penyedia layanan contact center outsourcing, menjadi mitra strategis yang tepat untuk membantu bisnis Anda meraih keunggulan kompetitif. Hal ini terbukti dengan penghargaan yang diterima oleh MitraComm sebagai Best Contact Center Outsourcing Partnership pada Contact Center World Award Asia Pacific 2023.

Sebagai pemimpin dalam industri ini, MitraComm memahami bahwa keberhasilan layanan pelanggan tidak hanya berkaitan dengan pemahaman terhadap kebutuhan saat ini, tetapi juga dengan kemampuan untuk memprediksi dan memenuhi ekspektasi pelanggan di masa depan. Melalui pendekatan yang terfokus pada identifikasi keinginan dan perhatian pelanggan, MitraComm mampu memberikan solusi yang tidak hanya meningkatkan kualitas layanan pelanggan Anda, tetapi juga mengoptimalkan efisiensi operasional bisnis Anda. Tim profesional MitraComm terus mengembangkan dan menyempurnakan teknologi dan agent contact center untuk memberikan layanan pelanggan yang lebih efisien dan berkualitas tinggi. Melalui kemitraan dengan MitraComm, Anda tidak hanya mendapatkan akses ke teknologi terkini dan agen contact center terbaik, tetapi juga mitra yang berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan dan kesuksesan bisnis Anda.

Hubungi email di marketing@phintraco.com untuk memulai perjalanan menuju layanan pelanggan yang lebih baik dan kompetitif.

Editor: Cardila Ladini